Friday, May 30, 2008

Get Married...

Ada perasaan lain dalam hatiku ketika aku membaca undangan-undangan pernikahan yang bergantian terpampang di papan pengumuman di kampus. Bukan iri, tetapi perasaan seperti ditikam belati (walah... berlebihan ya... =D), ya rasa yang membuatku tidak bisa bicara, dan hanya bisa menghela nafas...

Jodoh teman-temanku sudah tiba. Mereka sibuk membicarakan persiapan pernikahan mereka.

”Aduh, aku deg-degan ni... ”
”Iya nih, aku juga pusing, ntar gimana ya... takut…”
“Aku juga, padahal aku kan masih tiga bulan lagi acaranya…”

Jodoh aku? Heaven knows...

Hm... terkadang aku repot dengan pertanyaan-pertanyaan klasik yang aku pikir retoris & usil banget. Seperti ini ni...

Apa ga iri lihat temen yang berjalan digandeng suaminya? Ya ga lah, itu kan suaminya... masa aku yang digandeng? Tapi... iri juga sih, pengen digandeng & ditemani orang yang menyayangi aku... =p

Apa ga pengen punya anak-anak kecil yang lucu kayak temen-temenmu yang udah nikah & melahirkan di usia muda? Ya pengen lah... aku kan perempuan juga, aku punya juga dong naluri seorang ibu... gimana seh...

Apa ga mau cepet nikah? Nikah sambil kuliah kan ga masalah…
Ya, mungkin, tapi aku harus siapin banyak hal sebelum menikah, apalagi jika nanti dititipi makhluk mungil. Kalau aku masih kuliah pasti pikiranku terbagi-bagi, ga fokus. Kuliah tersendat, anak terlantar, belum lagi suami. Kasihan dong...

Lo, kan ada khadimat...? Terus aku cuma melahirkan aja? Suamiku dirawat khadimat? No way...! Trus aku tinggalin bayi sama orang lain? Aku kehilangan anak sama masa berharga antara aku & anakku dong... anakku juga jadi ga deket sama aku. Aku pasti akan merasa sangat sedih...

Lo, kan ada keluarga juga, bisa diatur kan...
Ga!!! Kuliah ada jangka waktunya, ada dateline, ada lulusnya, ada wisudanya, kalau nikah itu untuk seterusnya, dunia-akhirat. Nanti aku juga jadi sekolah pertama untuk anak-anakku. Pokoknya aku harus selesai kuliah dulu, kerja dulu, baru menikah... trus kerja di rumah, jadi bisa ngurus anak sambil kerja... Hehe...(Eh, tapi kata temanku, dateline-nya tuh jelas : kematian, jadi kalau bisa secepatnya kita menikah. Ah... ga tau deh...)

Terus, kapan dong? Ya... kapan-kapan lah... tunggu aja, yang jelas setelah aku selesai kuliah, OK?

Udah ada calonnya belum? Apaan sih... ya lihat aja ntar tanggal mainnya...

O... berarti belum ada ya? Dicariin mau? Makasih deh… tapi ga usah, aku cari sendiri aja…

Oya? Berarti udah ada dong...? Ih... mau tau aja...! Udah deh, doain aja & tunggu aja undangannya. Gampang kan?

Dan seterusnya... dan seterusnya...

Pusing deh, kalau pertanyaan seputar itu aku ladeni...

So, untuk saat ini, aku jengah dengan kata nikah. Aku yakin jika waktunya sudah tiba, aku pun akan mengarungi samudera pernikahan yang kata orang penuh warna (Weleh-weleh… padahal, aku pikir, ga nikah juga hidup ini berwarna warni). Semoga orang yang tepat itu datang padaku di saat yang tepat...

Entah kapan… Yang jelas, aku harus berhati-hati memilih sesuatu yang akan menentukan masa depan aku dan keturunanku... Itu berat... Pertanggungjawabannya bukan menyangkut diri sendiri saja. Menikah adalah masalah kepercayaan, itu pun sulit...

Apakah aku akan menjalani pernikahan dalam jangka waktu yang panjang? Lalu melewati masa tuaku nanti seperti sepasang orang tua renta, kakek-nenek, yang saling menggandeng tangan, berjalan perlahan dengan mesra… begitu romantis dan bahagia...

Wallahu a’lam, aku tak tahu... Semoga saja.

Hm… pernikahan… sepertinya menyenangkan…

Friends, selamat atas pernikahan kalian… Mudah-mudahan untuk selamanya...

2 comments:

abuyahya said...

Saya menikah lagi kuliah, usia saya waktu itu 22 tahun...tapi tetap saja seperti orang lain yang baru menikah, ada juga perasaan nyesel...

Nyesel deh, kenapa nggak dari dulu??? He..he...piss, ah!

honest2all_santy said...

Wah, salute...!
:-)

 
Dear Diary Blogger Template